BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Proses berguru mengajar ialah interaksi yang dilakukan antara guru dengan penerima didik dalam suatu pengajaran untuk mewujudkan tujuan yang diputuskan banyak sekali pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran agama islam harus dijabarkan kedalam metode pembelajaran PAI yang bersifat procedural.
Namun permasalan sering kali dijumpai dalam pengajaran terutama pengajaran. Agama islam yakni bagaimana cara menyajikan materi kepada penerima didik secara baik, sehingga dipeoleh hasil yang efektif dan efesien serta sering ditemukan murangnya pemahaman pengajar terhadap penerapan metode-metode pembelajaran yang sesuai dengan materi.
Dalam pembahasan kali ini kita akan mengulas wacana metode Tanya tanggapan dan apa-apa yang terkandung didalamnya beserta penerapannya yang mana metode ini merupaka salah satu metode yang bisa diapaki untuk mewujudkan tujuan tersebut.
B. Rumusan Masalah
1. Apa pengertian dan tujuan metode Tanya tanggapan dalam pembelajaran PAI?
2. Adakah tehnik yang digunakan guru dalam metode Tanya tanggapan dalam pembelajaran PAI?
3. Apa keunggulan dan belum sempurnanya metode Tanya tanggapan dalam pembelajaran PAI?
4. Bagaimana analisis metode Tanya tanggapan dalam pembelajaran PAI?
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian Dan Tujuan Metode Tanya Jawab
Metode Tanya tanggapan yakni penyampaian pesan pengajaran dengan cara mengajukan pertanyaan-pertanyaan dan siswa mempersembahkan jawabanan atau sebaliknya siswa didiberi peluang bertanya dan guru menjawaban pertanyaan-pertanyaa.
Metode Tanya tanggapan yakni suatu metode dalam pendidikan dan pengajaran dimana guru bertanya dan anakdidik-anakdidik menjawaban materi materi yang diperolehnya.
Metode ini memungkinkan terjadinya komunikasi pribadi antara guru dan pelajar, bisa dalam bentuk guru bertanya dan pelajar menjawaban atau dengan sebaliknya.
Metode Tanya tanggapan dilakukan :
1) Sebagai ulangan pelajran yang sudah didiberikan.
2) Sebagai selingan dalam pembicaraan.
3) Untuk merangsang anak didik biar perhatiannya tercurah kepada problem yang sedang dibicarakan.
4) Untuk mengarahkan proses berfikir.
Proses Tanya tanggapan terjadi apabila ada ketidak tahuan atau ketidak fahaman penerima didik akan suatu peristiwa, adapun tujuan dari metode Tanya tanggapan sebagai diberikut:
1) Mengecek dan mengetahui hingga sejauh mana kemampuan anak didik terhadap pelajaran yang dikuasai.
2) Membri peluang kepada anak didik untuk mengajukan pertanyaan kepada guru wacana suatu problem yang belum difahami.
3) Memotivasi dan menjadikan kompetensi belajar.
4) Melatih anak didik untuk berfikir dan berbicara secara sitematis menurut pemikiran yang orisinil.
B. Tehnik Dalam Metode Tanya Jawab
Dalam setiap metode yang ada dalam pembelajaran niscaya diharapkan tehnik biar pembelajaran bisa berjalan secara baik, diberikut ini banyak sekali tehnik yang digunakan gfuru dalam mengajukan pertanyaan :
1) The Mixe Strategy yakni mengkombinasikan banyak sekali tipe dan jenis pertanyaan.
2) The Speaks Strategy yakni memakai pertanyaan yang saling bertalian satu sama lain.
3) The Pleteaus Strategy yakni mengajukan pertanyaan yang sama jenisnya terhadap sejumlah siswa sebelum beralih kepada jenis pertanyaan yang lain.
4) The Inductive Strategy yakni dengan banyak sekali pertanyaan siswa didorong untuk menarikdanunik generalisasi dari hal-hal khusus ke hal-hal yang umum atau banyak sekali fakta menuju hukum-hukum.
5) The Deductive Strategy yakni Generalisasi yang dijadikan sebagai titik tolak, siswa diharapkan sanggup menyatakan pendapatnya wacana banyak sekali perkara atau data yang ditanyakan.
Pertanyaan yang baik mempunyai ciri-ciri
1) Pertanyaan hendaknya bersifat mengajak atau merangsang siswa untuk berfikir.
2) Kata-kata yang dipergunakan harus terang sehingga tidak ada kata atau istilah yang tidak difahami siswa.
3) Pertanyaan itu harus mengandung satu penafsiran.
4) Kalimat pertanyaan hendaknya singkat.
5) Setiap pertanyaan hendaknya mengandung satu masalah.
6) Pertanyaan harus sesuai dengan taraf kecerdasan atau pengalaman siswa.
C. Keunggulan Dan Kekurangan Metode Tanya Jawab
Suatu metode yang digunakan oleh guru dalam mengajar sudah barang tentu mempunyai keunggulan dan belum sempurnanya, begitupun dengan metode Tanya jawaban. Berikut keunggulan dan belum sempurnanya metode Tanya tanggapan :
a. Keunggulan metode Tanya
1) Kelas akan hidup lantaran anak didik aktif berfikir dan memberikan pikiran melalui berbicara.
2) Beik sekali untuk melatih anak didik biar berani mengemukakan pendapatnya.
3) Akan membawa kelas kedala suasana diskusi.
b. Kekurangan metode diskusi
1) Apabila terjadi perbedaan pendapat akan memkana waktu untuk menyelesaikannya.
2) Kemungkinan akan terjadi penyimpangan perhatian pelajar terutama apabila jawabanan yang kebetulan menarikdanunik perhatian tetapi buka samasukan atau materi yang dituju.
3) Dapat menghambat cara berfikir apabila guru terbelakang dalam penyajian materi.
D. Analisis Metode Tanya Jawab Dalam Pelajaran PAI
Metode Tanya tanggapan dimaksudkan untuk merangsang, untuk berfikir dan membimbing perserta didik dalam mencapai kebenaran, mempersembahkan pengertian kepada seseorang dan memancingnya dengan umpan pertanyaan. Metode ini seringkali digunakan pada zaman nabi dengan para teman dekat[4].
Metode Tanya tanggapan juga bisa memmenolong belum sempurnanya-belum sempurnanya yang ada pada metode ceramah yang disebabkan kurangnya perhatian penerima didik pada metode ceramah dan biasanya pserta didik akan lebih hati-hati terhadap pelajaran yang memakai metode Tanya tanggapan alasannya yakni penerima didik tahu sewaktu-waktu guru akan bertanya.
Metode Tanya tanggapan spesialuntuk sanggup digunakan oleh guru secara umum untuk menetapkan asumsi apakah anak didik yang menerima giliran pertanyaan sudah memahami pelajaran yang didiberikan dan metode ini tidak sanggup digunakan sebagai ukuran untuk menetapkan kadar pengetahuan anak didik dalam suatu kelas lantaran metode ini tidak memdiberi peluang yang sama pada setiap anakdidik untuk menjawaban pertanyaan.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Dari klarifikasi diatas sanggup kami simpulkan sebagai diberikut :
1) Metode Tanya tanggapan yakni suatu metode dalam pendidikan dan pengajaran dimana guru bertanya dan anakdidik menjawaban materi materi yang diperolehnya. Adapun tujuan metode Tanya tanggapan yakni untuk mengetahui seberapa jauh kefahaman siswa terhadap materi, membri peluang siswa bertanya apa yang belum difahami, memotivasi siswa dan melatih anak berfikir berbicara secara sistematis menurut pemikiran yang orisinil.
2) Adapun tehnik Tanya tanggapan :
a. The Mixe Strategy
b. The Speaks Strategy
c. The Pleteaus Strategy
d. The Inductive Strategy
e. The Deductive Strategy
3) Keunggulan metode Tanya jawaban
a. Kelas akan menjadi lebih hidup.
b. Baik untuk melatih anak didik untuk berani mengemukakan pendapat.
c. Akan membawa kelas kesuasana diskusi
4) Kekurangan metode Tanya jawaban
a. Bila terjadi perbedaan pendapat akan menghabiskan banyak waktu.
b. Kemungkinan akan terjadi penyimpangan perhatian pelajar.
c. Dapat menghambat cara berfikir.
5) Metode Tanya tanggapan digunakan sebagai komplemen metode ceramah metode ini sanggup digunakan sebagai tolak ukur secara umum dan tidak keseluruhan.
B. Saran
Alhamdulillah kami dapt menuntaskan makalah kami, dan kami sadar begitu banyak belum sempurnanya dan kekhilafan kami, oleh lantaran itu Koreksi dan masukan dari temen-temen dan bapak dosen khususnya kami harapkan semoga makalah ini bermanfaa. Amiin…..
DAFTAR PUSTAKA
Usman, Basyiruddin. 2002. Motodologi Pembelajaran Agama Islam. Jakarta Selatan : Ciputat Press.
Abu, Ahmadi dan Prasetyo. 2005. SGM Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia.
Majid, Abdul Majid. 2008. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan standar Kompetensi Guru. Bandung : Rosda Karya.
Dradjat, Zakiah Dradjat, dkk. 2004. Metode KhususPengajaran Agama Islam. Jakarta : Bumi Aksara.
0 Komentar untuk "Metode Tanya Jawab"