BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Komunikasi dlam masyarakat sangatlah bersahabat hubungannya dalam dampak kesejahteraan membangun kekerabatan baik antar individu, dimulai dari masyarakat terkecil yakni keluarga hingga pada kekerabatan Internasional yang mana melibatkan person –person dengan jumlh yang sngat besar.
Baik dan buruknya kondisi antar individu, social, masyarakat, bahkan antar Negara yaitu tergantung bgaimana komunikasi antar obyek yang bersaangkutan. Jika komunikasi terjalin dengan baikmka kemungkinan menapat peluang besar menuju kesuksesan akan besar pula.
Oleh alasannya pentingnya sebuah komunikasi, maka disini pemakalah akan memaparkan beberapa poin yang bekerjasama dengan dasar- dasar komunikasi. Semog dengan prinsip- prinsip tersebut sanggup memmenolong sesame untuk menuju jalan komunikasi yang baik sehingga menghsilkan dampak yang baik pula
1.2. Rumusan Masalah
1. Apasajakah unsure konmuniksi itu?
2. Bagaimna jalan masuk komuniksi dan media komunikasi berperan dalam memberikan pesan?
3. Bagaimana imbas komuniksi dan umpan baliknya
BAB II
PEMBAHASAN
2.1. Unsur Komunikasi
Komunikasi sebgainmana yang sudah diterangkan pada pembahasan yang teralampau, maka disimpulkan bahw sedikitnya terdapt tiga unsur untuk mencpai sebuah komunikasi yang baik, diantranya ialah:
a) Pengirim pesan( kounikator): insan yang bakir yang diberinisitif memberikan pesan untuk mewujudkan pesan komunikasinya.
Dilihat dari jumlahnya, komunikator sanggup terdiri dari stu orang, banyak orang( lebih dari satu orang) dan massa
Þ Apabila lebih dari satu orang, yakni banyak orng yang saling kenal dan mempunyai ikatan emosioanal maka kita sebut dengan kelompok kecil
Þ Apabila lebih dari satu orang, yakni banyak orang dan tidak saling mengenal sehingga tidak mempunyai ikatan emosional, maka kita sebut dengan kelompok besar
Þ Apabila lebih dari satu orang menyerupai diatas, mempunyai tujuan yang sama, dan mempunyai proteksi kerja guna mencapai tujuannya, mka kumpuln tersebut dinamakan organisasi
Þ Kumpulan organisasi menyerupai diatas juga sanggup disebut dengan massa. Namun massa juga mempunyai pengertian: banyak orang yang tersebar dalam area geogrfis yang sama[1]. Untuk berkomunikasi mereka sanggup memakai media massa dalm memberikan pesan – pesan yang akan disampaikan
b) Penerima pesan(Komunikan): Dalam konteks komunikasi massa, komunikan lazim disebut dengn khalayak. Jika dalam komunikasi pemamasukan disebut dengan sasaran pasar atau sasaran konsumen. Dalam komuikan pertolongannya yaitu sma dengan proteksi komunikasi.
c) Pesan: segala sesuatu, verbal atu nonverbal yang disampaikan komuniktor pada komunikan untuk mewujudkan motif komunikasinya. Komunikasi nonverbal disini yaitu komunikasi yang lazim dengan mengunakan suara, mimic, dan gerak –gerik. Sedangkan verbal yaitu pesan yang memakai bahasa verbal dan tulisan.
2.2. Saluran Komunikasi Dan Media Komunikasi
Saluran komunikasi: yaitu jalan yang dilalui oleh pesan komunikator semoga hingga pada komunikannya.
Media komunikasi, ialah bentuk jamak dari kata medium. Medium komunikasi diartikan sebagai alat mediator yang sengaja dipilih oleh komunikator untuk mengantarkan pesannya semoga sampa paa komunikan.
Jadi, unsur utama dari media komunikasi adalah: pemilihan dan penerapan alat mediator yang dilakukan dengan sengaja.
Saluran komunikasi atau jalan yang dilalui seseorang dalam berkomunikasi ada dua macam:
a) melaluiataubersamaini memakai media: (TV,Radio, dll). Dalam komunikasi yang memakai media, dilihat dari jumlah tarjetnya sanggup dibedakan atas media massa dan nonmedia massa. Media massa disini contohnya yaitu TV dan Radio, disana sanggup dibedakan atas media periodic(terbit secara teratur) dan nonperiodik(terbit berdasarkan event).
Sedangkan nonmedia massa dilihat dari sifatnya ada nonmedia massa manusia(seperti kurir pembawa pesan) dan nonmedia massa benda. Jika berupa benda elektronik contohnya yaitu telepon dan facsimile. Jika berupa benda nonelektronik contohnya yaitu surat.
b) Tanpa memakai media, yang berlangsung face-to-face, dalam komunikasi tersebut jalan yang dilalui oleh suatu pesan yaitu gelombang cahaya dan gelombang suara. Sedangkan gelombang cahaya atau bunyi tidak sanggup diartikan sebagai media komunikasi , lantaran tidak ada unsure kesengajaan yang dilakukan oleh komunikator menentukan gelombang tersebut dalam melaksanakan komnikasi.
2.3. Efek Komunikasi
Efek komunikasi diartikan sebagai imbas yang ditimbulkan pesan komunikator dalam diri komunikannya. Terdapat tiga imbas dalam diri komunikan, yaitu kognitif(seseorang menjadi tahu wacana sesuatu), afektif(sikap seseorang terbentuk, contohnya oke atau tidak oke terhadap sesuatu), dan konatif( tingkah laku, yang membuat seseorang bertindak melaksanakan sesuatu).
2.4. Umpan Balik
Umpan balik dapt kita maknai sebagai jawabanan komunikan atas pesan komunikator yang disampaikan kepadanya. Dalam komunikasi yang dinamis, sebagaimana diutarakan, komunikator dan komunikan terus menerus saling bertukar pesan. Karenanya, umpan balik intinya dalah pesan juga, ykni ketik komunikan berperan sebagai komunikator kedua.
BAB III
PENUTUP
3.1. Kesimpulan
Dalam komunikasi sedikitnya terdapat tiga unsur semoga tercapai komunikasi yang ideal, yakni komikator, komunikan, dan pesan.
Saluran komunikasi dan media komunikasi yaitu sesuatu yang sanggup memmenolong antara komunikator dan komunikan dalam memberikan pesannya, baik secara elektronik atai nonelektronik.
Efek Komunikasi yaitu sebuah respon yang dilakukan oleh peserta pesan setelah mendapatkan pesan dari komunikator.
Umpan balik yaitu jawabanan yang didiberikan oleh komunikan kepada komunikator.
3.2. Kritik dan Saran
Kritik dan masukan pembaca sangat kami harapkan guna memmenolong pemakalah dalam menghasilkan karya yang lebih baik.
DAFTAR PUSTAKA
Daryanto, Ilmu Komunikasi.Bandung PT.SARANA TUTORIAL NURANI SEJAHTERA. 2011
[1] Perbedaan dengan massa organisasi yaitu dari tempatnya. Jika komunikasi terjadi dalam satu daerah maka dinamaakan massa dalam arti organisasi, sedngkan jik tiak dlam satu daerah dinamakan massa dalam arti yang kedua.
0 Komentar untuk "Unsur Komunikasi"