Histats

Metode Resitasi

Oleh : Musyafa’, Fauzi, Amir & Kopler

BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar belakang masalah

Seluruh umat islam mengetahui bahwa mata pelajaan pendidikan agama islam ialah sangat penting. Pendidikan agama islam ( pai) sebai suwatu disiplin ilmu, mempunyai karakteristik dan tujuan yang tidak sama dari disiplin ilmu yang lain. Bahkan sangat mungkin tidak sama sesuai dengan orientasi dari masing-masing forum yang menyelenggarakannya.

Pusat kurikulum Depdiknas ( 2003:4) memgemukakan bahwa pendidikan agama islam di Indonesia ialah bertujuan untuk menumbuhkan dan meningkatkan keimanan penerima didik melalui pemdiberian dan pemupukan pengetahuan, penghayatan dan pengamalan serta pengalaman penerima didik tengtang agama islam sehingga menjadi insan muslim yang terus berkembang dalam hal keimanan, ketaqwaannya kepada allah swt. Serta berakhlak mulia dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat berbangsa dan bernegara.

B. Rumusan Masalah

1. bagaimana karakteristik metode resitasi ?

2. sebutkan langkah-langkah metode resitasi ?

3. sebutkan kelemahan dan kelebihan metode resitasi ?

C. Tujuan Pendidikan Dan Pengajaran Agama Islam

Pendidikan agama islam mempunyai beberapa tujuan diantaranya:

  1. Berorientasi kepada kiprah insan sebagai kholifah fil ardhi
  2. Berorientasi kepada kemampuan insan dalam mendapatkan pemikiran islam secara kaffah sebagai ‘abd
  3. Berorintasi kepada pengembangan biro belakang layar ligence otakpeserta didik

BAB II

PEMBAHASAN

A. Karakteristik Metode Resitasi

Metode pemdiberian kiprah ialah metode pembelejaran yang mnekankan pada pemdiberian kiprah oleh guru kepada anak didik untuk menuntaskan sejumlah kecakapan, keterampilan tertentu.

Selanjutnya hasil menyelsaian kiprah tersebut di pertanggung jawabankan kepada guru. Dalam pelaksanaannya anak didik tidak spesialuntuk sanggup menyelesaiakn di rumrh akan tetapi juga sanggup menuntaskan di perpustakaan, laboratorium, ruang-ruang praktekum dll.

Metode resitasi( pemdiberian tugas, di samping merangsang siswa untuk aktif belajar, baik secara individual maupun kelompok, juga menamkan tanggung jawaban. Oleh lantaran itu kiprah sanggup di diberikan secara invidu maupun secara kelompok.

Dalam pembelajaran agama islam, metode resitasi bias dipakai untuk banyak sekali bahan yang terkait bersahabat dengan aspek knowlage, aspek afeksi dan psikomotor. Materi-materi yang bias di ajarkan dengan metode resitasi ini contohnya bahan wacana sejarah islsm, syarat dan rukun sholat.

B. Langkah-Langkah Metode Resitasi

Untuk meterbaikkan penerapan metode resitasi (pemdiberian tugas) ada beberapa langkah yang perlu di perhatikan yakni:

1. Guru mempersembahkan kiprah kepada siswa .

2. Pada waktu siswa melakukan tugasnya,guru hendaknya mempersembahkan bimbingan dan pengawasan penuh.

3. Guru meminta laporan kiprah dari siswa,baik secara goresan pena maupun dalam bentuk lisan.

C. Kelemahan Dan Kelebihan Metode Resitasi

Ada beberapa kelemahan dalam metode resitasi antara lain:

a. Guru tidak mengetahui siapa yang mengerjakan kiprah tersebut.

b. Siswa susah memahami kiprah dari bahan tersebut.

c. Guru tidak mengetahui tingkat kecerdasan penerima didik.

Selain mempunyai kelemahan,metode resitasi juga mempunyai kelebihan antara lain:

a. Mendidik anak agar aktif belajar.

b. Menanamkan rasa tanggung tanggapan terhadap penerima didik.

c. Menghemat tenaga guru dalam mendidik.

BAB III

PENUTUP

A. Kesimpulan

Dari beberapa klasifikasi di atas kami pemakalah sanggup menyimpulkan:

1. metode pemdiberian kiprah ialah metode pembelejaran yang mnekankan pada pemdiberian kiprah oleh guru kepada anak didik untuk menuntaskan sejumlah kecakapan, keterampilan tertentu.

2. Untuk meterbaikkan penerapan metode resitasi (pemdiberian tugas) ada beberapa langkah yang perlu di perhatikan yakni:

a. Guru mempersembahkan kiprah kepada siswa .

b. Pada waktu siswa melakukan tugasnya,guru hendaknya mempersembahkan bimbingan dan pengawasan penuh.

c. Guru meminta laporan kiprah dari siswa,baik secara goresan pena maupun dalam bentuk lisan.

d. Metode resitasi mempunyai kelebihan dan kelemahan.

B. Saran Dan Kritik

Alhamdulillah tiada harapan dan upaya sedikitpun dari kami klecuali makalah ini sanggup bermanfa’at bagi segenap pembaca, dan sanggup menambah sedikit banyak terkena studi Islam.

Di balik itu tiruana maka dengan segala kemampuan yang penulis miliki tentunya masih banyak belum sempurnanya dan kesalahan dalam makalah ini. Sudilah kiranya memdiberi teguran dan pembenaran kontruktif bagi kami, terutama dari kawan-kawan mahasiswa dan bapak dosen pengampu hususnya, dan sebelumnya kami ucapkan banyak terima kasih.

DAFTAR PUSTAKA

Nasih, Ahmad Munjin.2009. Metode Dan Teknik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung : Refika Aditama

Tag : lainnya
0 Komentar untuk "Metode Resitasi"

Back To Top